Skip to main content

Cara Seru ke Prambanan

Lambang anak durhaka yang kelainan karena suka ma Ibunya sendiri ini harus lo kunjungi kalo ke Jogja. Candi Prambanan yang indah ini bagus banget buat objek foto dan hunting bule. Hihihi…

23 desember 2009, ini udah gw jadwalkan buat jalan-jalan ke bukti cinta Sangkuriang pada Roro Jongrang, Candi Prambanan. Menurut cerita rakyat, seharusnya ada 1000 candi kan? Tapi kok kemaren Cuma ada 3-4 candi doang ya? Coba ada yang bisa ditanyain kan gw gak penasaran gini.
Sebelum memulai perjalanan ke Prambanan, gw saranin lo :

1. Bawa Payung, soalnya di Prambanan panas banget sekarang. Tapi kalo kamu males bawa, disana ada kok yang nyewain payung. Cuma 10ribu seharian/selama mungkin lo mau.

2. Bawa minum yang banyak, ini kalau mau hemat. Dia area Prambanan ada yang jual makanan dan minuman, Cuma harganya uda harga turis. Agak mahal gitu deh.

3. Kalau bisa pakai sepatu aja, soalnya panas banget. Takutnya kaki lo ga tahan. Tapi kalo tahan, pake sandal juga gpp kok.

4. Jangan lupakan bawa kamera biar eksis.

5. Uang secukupnya. Secekak-cekaknya dompet lo, palingan lo bawalah 26ribu rupiah. Tar lo bajal tau kenapa jumlahnya segitu.

Nah, kalau mau ke Prambanan lo naek aja Bus Tras Jogja. Gila! Bus ini keren banget, kayak di luar negeri. Gw aja yang datang dari Surabaya baru liat bus keren kayak gini. Liat aja fotonya:

Untuk menaiki bus ini, lo hanya perlu membeli tiket seharga 3ribu rupiah di shelter trans jogja. Nati lo bakal dikasih kartu kayak di Jepang kalo mau naik kereta api itu loh.. Tar masukin tu kartu dan palang besinya akan terbuka buat lo. Untuk ke Prambanan lo naik Bus Trans Jogja yang 1B.
Kalo udah nyampe di shelter Prambanan, lo harus jalan kaki sekitar ±500m untuk mencapai pintu masuk ke candi Prambanan. Nah waktu gw jalan-jalan itu, gw kenalan ma ada satu anak SMA yang sendirian kesana buat tugas. Gak disangka kita malah jalan bareng. Anaknya seru, namanya ida. Nah, kita naik andong bareng tuh. Kalo lo bawa uang lebih, mending lo naik andong aja dari shelter kayak kita. Ke Jogja ga naek andong rasanya kurang afdol. Sekali naik lo hanya perlu merogoh kantong sebanyak 20ribu/andong (jadi sebanyak apapun orangnya tetep segitu harganya, bukan bayar per orang kok). Sampai di gerbang lo bisa berfoto dulu di depan andong. Minta tolong aja kusirnya fotoin. Bisa kok.
Untuk masuk ke candi prambanan, lo harus beli tiket, untuk anak-anak 7500 rupiah, dewasa 20ribu, dan pelajar apabila datang dalam rombongan bisa dapet harga 10ribu perorang (kalo gak rombongan pake tarif dewasa). Acara jalan-jalan di Candi Prambanan pun siap dijalankan. Lo bisa foto-foto di beberapa candi yang masih dibuka (ada beberapa yang dipageri termasuk yang ada patung roro jongrangnya). Waktu gw ma ponakan n temen baru gw itu lagi asik foto-foto, ada ibu-ibu yang minta tolong difotoin. Dia sering banget minta tolong. Akhirnya kita kenalan dan tukeran alamat email. Kita juga foto bareng. Seru deh! Trus kita juga sempat foto bareng bule yang lagi rekreasi disana. Asik kan? Di candi ada jasa foto juga loh. Jadi kalo lo lupa bawa kamera, lo bisa minta tolong mereka fotoin, tapi bayar. Kasian juga gw waktu liat tu tukang foto. Jaman sekarang orang kan pada punya kamera sendiri, pasti jarang banget ada yang make jasa mereka.
Nah, guys! Kalo udah mau pulang, di jalan keluar ada banyak sekali yang jual oleh-oleh. Murah-murah kok, mulai dari harga seribuan. Tapi kalo gw saranin ga usah deh beli disitu. Lo beli aja di Malioboro nanti, di tujuan selanjutnya. Untuk kembali ke shelter Trans Jogja lo bisa jalan kaki kalo mau hemat atau naik becak ato andong. Tapi mending lo naek becak aja, murah kok Cuma 10ribu sekali jalan. Becaknya unik, didorong pake motor. Jadi bukan pake sepeda. Lucu banget pokoknya, harus coba deh. Nah kalo uda mau balik, lo pake aja bus Trans Jogja yang 1A. Dijamin seru deh! Selamat mencoba ya…hehehe…

Comments

Popular posts from this blog

7 Band Papan Atas Indonesia

Kita semua tahu kalau akhir-akhir ini blantika musik Indonesia lagi kacau balau dari segi musikalitas. Banyak band baru yang muncul dengan aliran yang mirip-mirip dan norak. Agak kemelayu-melayuan dan cengeng abis. Ditambah lagi suara pas-pasan, lirik yang terlalu easy dan terlalu biasa, ditambah lagi musik standar. I’m tire of this. Jujur gw ESMOSI bo! Band sekarang udah kayak kacang goreng, padahal dulu yang bisa jadi band tu bener-bener yang punya kualitas. Mau tahu deretan Band Indonesia yang keren dan ga norak plus punya album yang isinya lagu-lagu oke? Ini dia list a la Vany dan gw yakin lo bakal setuju ma gw : 1. Gigi Ini salah satu dedengkotnya band Indonesia. Sejak gw SD sampe udah kuliah sekarang, ni Band masih eksis dan terus peka terhadap perubahan namun tetap menjaga kualitas dan karakternya. Banyak hits sudah diluncurkan dan menjadi favorit pecinta musik Indonesia. Siapa yang tak kenal Armand Maulana dan Dewa Budjana? 2. The Dance Company Ini dia band yang baru muncul di

TIPS dan suka duka LDR

gambar: google.com Hai! Saat ini saya sangat ingin berbagi suka duka LDRan sama pacar. Apakah pengalaman saya sama denganmu? Suka duka hubungan LDR itu macam-macam dah. Berikut hal hal yang saya alami secara pribadi : Akan ada satu masa dimana kangen itu sudah menumpuk, bahkan telepon, SMS, video call tidak mempan lagi. Saat bertemu, malam terakhir pasti enggan pulang karena bakal berpisah cukup lama. Rasanya, ingin waktu berhenti pada saat itu saja. Senang sekali mendengar kabar kedatangan bahkan baru rencana berkunjung kekasih.  Bertukar buku yang dititipkan pada orang yang pergi ke kota kekasih itu kind of cute for me. Setiap hari menanti telepon sang kekasih hati. Kalau chat lama dibalas atau tak kunjung telepon, rasanya uda gelisah banget. To know that he is healthy, eating right, and having a good day makes me happy. Masih banyak lagi sih yang lainnya, tapi belum teringat! Hahaha.... Buat saya, ada beberapa hal yang penting untuk menjaga

JESUS the SUPERSTAR, Vannes Wu hanya figuran

photo by:Pamela Wijaya Begitu memasuki lokasi Bandara Juanda Lama, tempat diselenggarakannya KKR Army of God, hadirat Tuhan terasa begitu kuat. Mata ini seperti ingin menangis melihat begitu banyak orang datang dan akan menyaksikan kebesaran Tuhan yang ditunjukkan dengan terselenggarakannya acara tingkat Asia ini. Entah yang datang benar-benar untuk mencari Tuhan atau hanya ingin melihat aksi Vaness Wu selebriti anggota F4 yang dulu tenar dengan Dorama "Meteor Garden". Yang pasti, KKR ini bisa terselenggara semuanya berkat Tuhan yang begitu menyayangi umatnya di Surabaya. Bayangkan saja, tidak sedikit dana yang diperlukan untuk menggelar acara sebesar ini. Mengundang selebriti terkenal dan menyewa Bandara yang notabene merupakan milik pemerintah, bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dalam salah satu khotbahnya di Gereja Mawar Sharon Satelit City of Faith, Pastor Philip Mantofa sempat mengatakan bahwa waktu mereka melakukan publikasi acara tersebut akan diadakan di Bandara J