Skip to main content

Posts

Showing posts from 2016

Hadiah Spesial

Sejak kapan Cinta itu hadir? Datangnya agak terlambat Tetapi sangat disyukuri
Sejak kapan kamu menjadi bagian dari hidupku? Tak terhitung berapa banyak senja kita lewati
Cinta hadir setelah terpisah jauh Mengapa datangnya tak saat kita bersama?
Apapun dan kapanpun itu Kamu tetap satu kado spesial dari Tuhan buatku



Waingapu, 11/12/2016 Untuk dia yang mau tidur aja ganteng bingits xoxo

KEPOLOSAN MASA KECIL PART 2 : Beruangku Sayang, Beruangku Malang

Sewaktu kecil saya memang menggemari boneka. Di ulang tahun ke berapa saya lupa, saya mendapatkan hadiah boneka beruang berwarna merah dari Oma Matawai. Beruang itu mengenakan celana Monyet dan sangat empuk. Mungkin karena isi dalamnya berupa kapas. Mengapa tiba-tiba saya teringat iklan Bear Brand yah? Susunya sapi, mereknya beruang, iklannya naga. Hehehe...
Boneka ini saya perlakukan seperti anak saya sendiri. Setiap hari saya mandikan, secara NYATA! Celupin air betulan. Setiap hari saya pun memberinya 'makan' dan 'minum'. Caranya dengan menyuapkan pasir dengan sendok melalui lubang kecil yang menganga di bagian mulut boneka itu serta memberinya minum air setalah makan. Setiap hari, secara konsisten saya melakukannya. Walhasil, lubang itu semakin menganga dan pembaca sekalian tentu sudah dapat menebak nasib dari boneka tersebut bukan?
gambar : google

KEPOLOSAN MASA KECIL PART 1 : Boneka dalam kubur

Enough with dramas ok! Saat ini saya mau berbagi cerita-cerita kocak masa kecil.
Saya percaya setiap orang pasti punya pengalaman masa kecil yang kocak. Hal ini tentu tidak terlepas dari kepolosan seorang anak kecil yang membuat dunia ini rasanya kok kocak banget yah. Mari membaca!
Waktu kecil, saya pernah diberikan hadiah boneka oleh tante saya. Boneka itu sangat saya sayangi dan sukai. Boneka Donald Bebek. Yap! waktu kecil saya sangat menyukai Donald Bebek dan tokoh Disney lainnya. Saking sayangnya, saya selalu bermain dengan bersungguh-sungguh, Seringnya, si boneka berperan sebagai anak dan saya sebagai emaknya, Pada suatu hari, dalam permainan berpura-pura, Donald sakit keras dan akhirnya meninggal. Demi totalitas permainan, saya membawa Donald ke gereja yang letaknya tidak jauh dari rumah saya. Gereja dan rumah saya memang dalam satu kompleks yang sama. Saat itu, gereja kami sedang direnovasi sehingga banyak terdapat galian maupun material bangunan. Dengan semangat totalitas, sa…

SAHABAT JADI CINTA

Kuhantarkan bak di pelataranHati yang temaramMatamu juga mata matakuAda hasrat yang mungkin terlarang
*Satu kata yang sulit terucapHingga batinku tersiksaTuhan tolong aku jelaskanlahPerasaanku berubah jadi cinta
Reff 1:Tak bisa hatiku merapikan cintaKarena cinta tersirat bukan tersuratMeski bibirku terus berkata tidakMataku terus pancarkan sinarnya
Kudapati diri makin tersesatSaat kita bersamaDesah nafas yang tak bisa teruskanPersahabatan berubah jadi cinta
Back To *Back to Reff
Reff 2:Apa yang kita kini tengah rasakanMengapa tak kita coba persatukanMungkin cobaan untuk persahabatanAtau mungkin sebuah takdir Tuhan

Patience

Patience is one of the hardest thing to do in this life.
Akhir-akhir ini saya dipertemukan dengan banyak hal yang menguji kesabaran, Paling banyak hal yang saya hadapi adalah bertemu dengan orang-orang yang cukup menguji kesabaran saya sampai batas maksimal. Pada awalnya, saya berpikir bahwa hal ini sangat menyebalkan. Tetapi semakin hari saya semakin memahami bahwa, ujian ini pasti ada maksudnya. Beliau yang di atas mungkin sedang mempersiapkan saya untuk menghadapi tantangan yang lebih besar lagi. Sehingga saya harus berlatih sejak saat ini.

You

I love the feeling I have when I remember you
I love the smile you gave when you look at me I love how you treat me I love you


Berbeda tetapi Cinta. Gimana dong??

SELAMAT LIBURAAAAAN!!
Libur panjang telah tiba. Waktu yang paling saya tunggu-tunggu. Sebulan!! Antara senang dan bingung juga mau diisi dengan kegiatan apa. Kemarin saya merencanakan untuk berjalan-jalan selama satu minggu ke depan. Dari Rua-Waitabula-Waikabubak-Anakalang-Waingapu. Last minute dapat tawaran yang tidak kalah asyik, menjadi Juri untuk lomba vokal grup anak, Na Anamu Voice di Kombapari. Jadi saya merubah rute menjadi, Rua-Waitabula-Kombapari-kembali ke Waitabula. Minggu baru pulang Waingapu. Intinya refreshing. Waktu saya bercerita tentang rencana jalan-jalan saya ke pacar, dia tidak bersemangat.  Masa depan saya dipastikan SURAM!! Dia, lebih suka tinggal di rumah daripada jalan-jalan. Well, saya juga begitu sih. Tapi ada masa-masanya saya suka jalan-jalan. Jalan-jalannya yang jauh-jauh. Kadang yang agak ekstrim. Satu-satunya solusi adalah memuaskan diri berjalan-jalan selama masih single. Alias belum menikah. Karena kalau sudah menikah nanti, saya pasti di rumah teru…

Kamar = My Temple

Katakanlah saya orang yang agak kolot.Tetapi bagi saya, kamar saya adalah tempat yang hanya boleh ditempati oleh saya sendiri,
Hanya orang-orang yang saya ijinkan yang boleh memasuki ruangan ini.
Hanya orang-orang yang saya ijinkan yang boleh menginap di kamar ini. Hanya adik saya, sahabat dekat, yang boleh.
gambar : google Tidak boleh ada bayi di kamar gadis saya. Tidak boleh ada tamu yang saya ijinkan tidur di kamar saya, apalagi mengacak-acak isinya,bertanya ini itu, atau sekedar melihat-lihat. And please, knock before you enter my room. With my permission of course!
Segenting apapun situasinya, saya tidak akan pernah membiarkan sembarangan orang menginap di kamar saya. Bahkan jika kamar di rumah semua penuh dan tidak ada tempat lagi untuk tamu bermalam. Sorry, you have to find another place. Don't blame me. Saya punya prinsip! Satu-satunya ruangan tempat saya menjadi saya sepenuhnya hanya kamar saya. Terkhusus di Sumba Timur tercinta ini. Jadi, tamu, please, cukupkan dengan y…

BIG NEWS!!!

I have a BIG news! but I will take slow for telling you guys.
Okay. Today is a lovely day. Me and my friends went to lake to swim and just have fun. So we did it. After doing so much fun there, we were about to go home. When I open the motorcyle storage, I found nothing in there. It had my pants, with Rp600,000 in it's pocket. And a book. All gone. someone or more, took my things. Guess what! My friend lost her money and one part of her motorcycle. Then I was wondering. Why they did it to us? Did life gets too hard for them and they need the money? Did they even need the money? Did teenagers life is very difficult without money so they did it? I know how hard is to get money. When they just took it, i feel terrible,  I just got it from my reseller. And I lost it by the day. Sad. I hope God will get them to learn a lesson. Go to hell dude!

Acceptance

Rani sedang uring-uringan, dia sibuk memikirkan apa yang orang pikirkan tentang dirinya. Ia seringkali mengurung diri di kamarnya. Hal itu yang ia lakukan setiap ia di rumah. Tetapi jika di luar rumah, ia adalah remaja yang periang. Seringkali ada keluarga dari ibu tirinya yang datang menginap di rumahnya. Jika itu terjadi, Rani akan mengurung diri di kamar. Ia punya banyak alasan melakukan hal tersebut yang tidak dapat ia ceritakan kepada orang-orang. Ia bukan gadis yang jahat, SUNGGUH! Tetapi aksi mengurung dirinya dan hanya berbicara saat memang butuh bicara di rumah adalah sikap yang terkesan sombong bagi yang tidak mengenalnya. Rani uring-uringan.  "Duh, pasti gue dikira sombong, jutek, jahat!"
I will say, "Calm down Rani!" to her.
Jika kalian berada dalam situasi serupa atau mungkin sejenis, saat kalian terlalu banyak memikirkan pandangan orang tentangmu, ingatlah satu hal : kamu tidak hidup untuk membuat semua orang suka padamu. Mereka tidak perlu memahamim…

Essentials of life

video : youtube
Life...
who says it's easy?
who says it's gonna be legendary, always? when everybody are trying to find recognizing from the world, sometimes they forgot to pay attention to themselves. when everybody wants to be notice by the world because of some actions they made, they forgot to do what they have to do to their family and the closest one. Ask again to yourself,
What's really matter for you?
How much time you spend for them?
When did the last time you pay attention to your dearest one?
Where are them in your future?
Why it is so important to you?
The older I am, I figure out what's really important in my life is not all the bullshit that makes people say WOW or how good I am as human being.
Finally I know that what makes my father, brother or sister happy are what really matters for me and what I really care about. Nothing else. The other thing is just a phase I have in life. It makes me happy and feel complete but not the most important things in my…

PAKEM

Hari ini, Ella libur. Ia tidak memiliki rencana apapun untuk mengisi liburannya yang hanya sehari itu. Libur awal puasa. Entah siapa yang mencetuskan liburan ini di kotanya. Ia hanya merasa senang bisa tinggal di rumah tanpa harus pergi bekerja.

Si Ibu tiri yang seharusnya juga libur pada hari ini, bangun lebih pagi. Ella, begitu bangun pagi, bergegas mengenakan jaket, berganti celana, dan berjalan kaki untuk pergi ke ATM terdekat dan tukang sayur. Ia hendak menunaikan kewajiban untuk membayar kredit motor dan menyetor tabungan bulanannya ke suatu bank lokal yang ia ketahui dari sahabatnya, Gizel.
Usai urusan di ATM, ia berjalan ke tukang sayur. Membeli sayur untuk makanan di rumah. Seperti yang pernah diceritakan sebelumnya, si Tante enggan mengeluarkan uang untuk kebutuhan rumah tangga.
Kemarin pun Ella baru menyadari bahwa detergen di rumah habis, begitu juga odol dan sabun cuci piring. Kosong melompong. Tidak ada kemurahan. Ia hanya bisa menaiki sepeda motornya, dan pergi ke kota…

How You Solve Your Problem Ella?

Setiap orang punya caranya sendiri untuk menanggapi masalah yang hadir dalam kehidupannya.
Baik itu masalah di rumah, tempat kerja, maupun masalah dengan pasangan.
Seperti halnya Cinderella modern kita, ia memiliki caranya sendiri untuk menanggapi persoalan. Ia tidak sama dengan Cinderella pada umumnya, yang diketahui seluruh anak perempuan di dunia. Cinderella modern ini, punya cara yang sedikit berbeda dan kiri dalam menghadapi masalah. 
Satu hal yang sama antara Cinderella yang lama dan masa kini adalah, sama-sama memiliki seorang Ibu tiri yang tidak menyenangkan. Tetapi dia yang baru, punya cara menanggapi hal yang berbeda. Terlepas dari semua keanehan si Tante, Ella, sapaan akrabnya, bertekad tidak akan kehilangan kebahagiaan atau meratapi nasibnya. Ia tetap memiliki keyakinan, bahwa ia berhak bahkan berkewajiban untuk bahagia, tertawa, memiliki banyak teman, berbuat baik atau sebaliknya tanpa tertindas, dan sukses. 
video : youtube
Baginya, kehadiran si Tante bukan suatu hal yan…

Cinderella at work

gambar: google
Masuk kelas, pergantian mata pelajaran Bahasa Indonesia ke Matematika. Saya, mengajar Matematika. Btw, it's me, Cinderella again!
Waktu saya masuk, anak-anak belum menyelesaikan tugas mata pelajaran sebelumnya, menulis tegak bersambung. Mumpung sudah habis materi, ya saya biarkan mereka melanjutkan sebentar. Ditunggu-tunggu .....
..... .....
Kok lama ya?
"Ayo tulis cepat sudah!" saya sudah tidak sabaran.
.....
"Kok lama??" "Iya, Ibu, kita masih berusaha cepat," kata Clinton si gembul murah senyum. "Berusaha, tapi kok lama?" saya masih juga tidak sabaran. Kepala pening dan masih agak lemas akibat begadang menonton film geje semalam membuat saya tidak sabaran sepanjang hari ini. "Berusaha itu memang harus lama ibu," Zefa menyambung dengan gaya sok bijaknya. Buseeet... ini bukan sesi Mario Teguh nak! Serah lo dah...

Cinderella masa kini

Anggap aja nama gue Cinderella. Cinderella masa kini, abad millenium, dimana wanita sudah punya sosok yang lebih sangar, pertahanan diri kuat dan anti penindasan. Gue, adalah Cinderella yang anti ditindas! Oleh karena itu, gue membentengi diri dengan ucapan singkat, nyelekit meski sopan juga teguran berbobot yang tepat sasaran pada waktu yang tepat. gambar : google
Gue punya ibu tiri. Tapi, berbeda dengan kehidupan Cinderella dicerita dongeng, gue ga bertekuk lutut di hadapannya. Gue menunjukkan keanggunan dan otoritas gue dalam menghadapi keanehan-keanehan makhluk ajaib itu. Gue panggil dia Tante.
Tante ini punya sifat yang jelek banget. Dia memang tidak bisa memerintah gue untuk bekerja mati-matian seperti dongeng aslinya, dia pelit, curigaan, dan suka berbohong, memfitnah yang paling parah adalah suka curcol yang udah ditambahi merica dan bumbu bumbu lainnya secara berlebihan.  Apesnya lagi, benda apa pun yang disentuhnya pasti akan berubah menjadi barang rongsokan. Hadeh!
Penasar…

Almost Desperate Housewife wanna be

all the single ladies
all the single ladies put your hands up in the air
yea, I'm a single ladies. Single doesn't mean I don't have a boyfriend. It means that I haven't got married yet. Why I talk about this? The fact that is too hard for me to find a single lady to have fun with as friend nowadays makes me wanna talk about it.
Monday.
What about Monday?
Most of people hates Monday. They even make tagline about it : "I Hate Monday".  Well, I don't hate Monday, but I don't like it either. Not because I have to work again, but the opposite. 
On Monday, I have hours to do nothing. I only work for 5 hours and then nothing to do. I always do my job at workplace, I never pending anything or you can say that I have the ability to make everything done by it's time. That is why I don't have to work extra hours at home. 
This is not really matter for me until today.
I feel like I'm too depending on my boyfriend to text me because I have a lot time …

when a man loves a woman

When a man loves a woman
Can't keep his mind on nothin' else
He'd trade the world
For a good thing he's found
If she is bad, he can't see it
She can do no wrong
Turn his back on his best friend
If he puts her down



Lirik yang sangat menyentuh dan jadi mimpi banyak wanita. Muncul pertanyaan dari dalam diri saya, apakah benar saat seorang pria jatuh cinta, indahnya seperti lagu tersebut? Well, saya pernah mendengar dari seorang pria. Saat dia jatuh cinta, memang demikianlah adanya. Bahagia berada dekat wanita tersebut, keanehan dan lain-lain yang dimiliki wanita itu tidak menjadi masalah buatnya. Apakah dengan perasaannya itu akan berlanjut pada sebuah komitmen? Sepertinya tidak semua orang memiliki langkah-langkah yang sama dalam menjalin suatu hubungan. setiap pria punya cara yang berbeda. Tetapi, pria ini, hanya bahagia dengan berada dekat dengan wanitanya. tidak pernah terpikirkan untuk mengikat wanita tersebut dalam suatu hubungan. Until one day, it strikes him out, he reali…

The Search of Happiness

saya baru saja menyelesaikan tontonan ini:
pict: google
Karena film ini, saya sadar bahwa setiap orang punya kejawiban untuk bahagia dengan apa pun yang dimiliki. Bahagia tidak perlu dicari tetapi sudah ada dalam diri kita sendiri. Mungkin lebih tepat ucapan syukur atas apa yang kita miliki saat ini adalah kebahagian. Menikmati apa yang dimiliki menjadi salah satu cara merasakan kebahagian. Saat kita berusaha mati-matiaan mencari hal-hal yang menurut kita dapat memberikan kebahagiaan, sebenarnya kita masih dalam tahap atau bentuk perasaan seorang anak kecil. Seorang anak kecil akan merasa bahagia saat diberikan sesuatu. Tetapi seorang manusia dewasa, seharusnya tahu bagaimana caranya menikmati apa yang dimiliki. Dengan demikian, kita akan menjadi seorang manusia dewasa yang sejati.
Saya jadi ingin menuliskan beberapa hal yang dulu saya pikir akan memberikan kebahagiaan buat saya: 1. memiliki pekerjaan bergengsi (ternyata setelah didapatkan, biasa saja) 2. mendapatkan beasiswa ke luar…

TIPS dan suka duka LDR

gambar: google.com
Hai! Saat ini saya sangat ingin berbagi suka duka LDRan sama pacar. Apakah pengalaman saya sama denganmu?
Suka duka hubungan LDR itu macam-macam dah. Berikut hal hal yang saya alami secara pribadi :
Akan ada satu masa dimana kangen itu sudah menumpuk, bahkan telepon, SMS, video call tidak mempan lagi. Saat bertemu, malam terakhir pasti enggan pulang karena bakal berpisah cukup lama. Rasanya, ingin waktu berhenti pada saat itu saja. Senang sekali mendengar kabar kedatangan bahkan baru rencana berkunjung kekasih.  Bertukar buku yang dititipkan pada orang yang pergi ke kota kekasih itu kind of cute for me. Setiap hari menanti telepon sang kekasih hati. Kalau chat lama dibalas atau tak kunjung telepon, rasanya uda gelisah banget. To know that he is healthy, eating right, and having a good day makes me happy.
Masih banyak lagi sih yang lainnya, tapi belum teringat! Hahaha....
Buat saya, ada beberapa hal yang penting untuk menjaga hubungan jarak jauh: Keterbukaan mengenai hubungan.…

Hari pertama liburan

liburan hari pertama. tidak banyak yang dilakukan tapi waktu berlalu begitu saja.
bangun pagi, kangen Jekon. Abis itu baca novel yang saya pinjam dari dia, Critical Eleven karya Ika Natassa. Novel yang agak lebay dan aneh tapi tidak bisa dihentikan membacanya. Mungkin karena rasa penasaran, apa yang membuat Jekon membeli dan membaca buku ini. Agak kaget juga dengan selera bukunya yang satu ini. Jarang saja cowo baca novel percintaan. Setelah baca sebentar, saya lapar, makan, mandi, nonton drakor yang judulnya I MISS YOU. Karena drakornya juga agak lebay, ane banyak klik fast forward. Jadinya dalam sejam ngabisin 5 episode. Hahahaha.... Sayang juga kalau sudah nonton sampai tengah jalan, trus tidak dilanjutkan,  Abis itu saya nonton dua film holliwood: Transporter Refueled dan Criminal Activities. Transporter Refueled tidak terlalu menarik. Apalagi pemerannya bukan si botak lagi, Udah ganti. Tak seru, aktingnya pun payah. Criminal Activities menarik juga, tapi tidak begitu berkesan bu…

Kok BISA??

Bagaimana ceritanya, kebersamaan sebagai sahabat berubah menjadi perasaan sayang. Bahkan sekarang, kami adalah sepasang kekasih. Terkadang saya berusaha mengingat kembali apa yang membuat saya terlibat lebih jauh dengan Jekon. Hahaha...

Saya tidak menyesali, tetapi bersyukur. Hanya saja, saya ingin mencoba mengingat mengapa dan bagaimana ini semua terjadi. Si anak ceking yang sudah biasa saya lihat dan dengar suaranya selama 3 tahun di SMP karena sekelas, 3 tahun SMA karena segank, dan tahun-tahun kuliah serta kerja itu kini menjadi kekasih saya. Mengapa? Bagaimana? Kok bisa? Saya saja bingung, apalagi orang lain ya toh?!
Tidak pernah terlintas di pikiran saya bahwa suatu hari kelak kami akan memiliki hubungan lebih dari sekedar teman. Kehadirannya sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi sejak SMA saya semakin akrab dengannya. Dia yang selalu mengantar jemput saya setiap kami akan bermain bersama teman-teman segank. Markas kami di rumah salah seorang teman saya, Gia. Gia dan saya adalah…

mungkin

Kadang saya berpikir, secara narsis tentunya, bahwa Tuhan memberikan saya balasan atas apa pun yang telah saya lakukan (meski itu adalah kewajiban kita sebagai manusia) bukan berupa harta benda tetapi seseorang yang sangat saya syukuri.  Mendapatkan pasangan yang seperti pasangan saya saat ini bagi saya adalah berkat. Dia orang yang bisa mengimbangi saya secara karakter.  Meski usia kami sama, tapi sebagai pria, dia lebih dewasa dari saya. Saya merasa sangat dikasihi, dimengerti. Kami sudah bersahabat sangat lama. Menjalani hubungan yang lebih dari sekedar teman dengannya bagi saya adalah suatu kesenangan yang sangat saya syukuri. Memang manusia boleh berencana, Tuhan yang menentukan, Saya pikir saya bisa mengontrol masa depan saya seideal yang menurut saya paling bagus. Ternyata, rencana Tuhan sangat berbeda dan lebih baik dari rencana saya.
Saya bingung untuk menuliskan situasi dan kondisi saat ini, perasaan saya saat ini, tetapi yang pasti, dia adalah orang yang sangat saya syukur…

"Lucky" (feat. Colbie Caillat)

Do you hear me, I'm talking to you
Across the water across the deep blue ocean
Under the open sky, oh my, baby I'm trying
Boy, I hear you in my dreams
I feel your whisper across the sea
I keep you with me in my heart
You make it easier when life gets hard

Lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Ooohh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh

They don't know how long it takes
Waiting for a love like this
Every time we say goodbye
I wish we had one more kiss
I'll wait for you, I promise you, I will

Lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Lucky we're in love in every way
Lucky to have stayed where we have stayed
Lucky to be coming home someday

And so I'm sailing through the sea
To an island where we'll meet
You'll hear the music fill the air
I'll put a flower in your hair
Though the breezes through the trees
Move so pretty you're all I see
As the wor…

"Kiss Me"

Kiss me out of the bearded barley
Nightly, beside the green, green grass
Swing, swing, swing the spinning step
You wear those shoes and I will wear that dress.

[Chorus:]
Oh, kiss me beneath the milky twilight
Lead me out on the moonlit floor
Lift your open hand
Strike up the band and make the fireflies dance
Silver moon's sparkling
So kiss me

Kiss me down by the broken tree house
Swing me upon its hanging tire
Bring, bring, bring your flowered hat
We'll take the trail marked on your father's map

[Chorus (repeat)]

Kembali Logis

Bukan Vany namanya kalau mempedulikan kemana seseorang pergi dan mengapa orang itu tidak mengontak saya. Tapi sejak ada orang baru yang sebenarnya bukan orang baru dalam hidup saya, semuanya berubah. Saya jadi KEPO. Haisss... Setiap kali penyakit KEPO itu muncul, yang saya lakukan adalah berpikir secara logis. Pada akhirnya saya akan menertawakan diri sendiri karena hal yang membuat saya penasaran, sebenarnya tak penting-penting amat. Contoh: Whatsapp terakhir sama pacar jam 1 siang. Sepanjang hari gelisah nunggu dia kontak, tapi tidak kontak-kontak. Saya langsung berpikir, apa-apaan ini? Kenapa pula saya harus berkontak dengan dia sepanjang hari? Dia kan pasti punya hal-hal lain yang harus dikerjakan, atau sekedar me time. Saya pun menengok jam, ternyata baru dua jam berlalu sejak whatsapp terakhir. Yaelaaah Van!!  Tapi serius, dua jam rasanya lama sekali. It's like I've been waiting forever. Kembali logis Van!!!

FIRASAT

Saya sedang menonton drama korea di kamar, adik saya yang pulang liburan kuliah sedang tertidur lelap. Tiba-tiba, Bapa masuk ke kamar dan berdiri canggung. “kenapa Bapa?” “tidak, Bapa hanya lihat Jesi,” itulah nama adik saya. “Kau urus sama Jesi,” saya heran mengapa tiba-tiba Bapa bicara seperti itu. Kesannya, serius sekali. Saya takut dan sedih. “Kenapa memangnya dia? Dia Cuma mengantuk karena belum tidur dari kemarin.” “Dia terlalu kurus.” “Dia dengan Viny memang kurus dari dulu. Biar saja.” “Ia dia kurus, tapi tidak sekurus ini.” Mendengar itu mata saya berat dan leher saya tercekat. Saya merasa sedih. Untuk seseorang yang sudah ditinggalkan salah satu orangtua karena maut, pasti selalu ada rasa takut datangnya firasat kehilangan lagi. Semoga saja ini Cuma perasaan saya saja.