Skip to main content

Pro dan Kontra Pengoperasian Lokalisasi Pelacuran Dolly Pada Bulan Ramadhan

Bertempat di ruang kuliah gedung A405, Fakultas Manajemen PErhotelan Universitas Kristen Petra, kurang lebih 75 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi duduk dan siap mengikuti kuliah Strategi Noegosiasi (Stratneg). Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang unik di Ilmu Komunikasi. Perkuliahannya tidak dilakukan hanya secara teoritis tetapi lebih banyak menggunakan praktek langsung dalam benegosiasi. Setiap mahasiswa diajarkan untuk bisa berperan sebagai seorang negosiator sesuai dengan peran yang diberikan oleh dosen, Ibu Felicia Goenawan, SE.

Pada hari ini, 13 Mei 2009, para mahasiswa tersebut dibagi menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok akan berperan sebagai :
1. PSK
2. Syariat Islam
3. Germo
4. Istri pengguna PSK
5. Pengguna PSK
6. NU
7. Pemerintah

Kasus yang diberikan untuk disimulasikan dibuat berdasarkan tulisan salah seorang mahasiswa UKP yang dimuat di Harian Jawa Pos. Mengenai penutupan Dolly di bulan Ramadhan. Mahasiswa yang memiliki kepribadian cenderung Koleris (tipe pemimpin, pemikir) dipisahkan sejak kelas dimulai. Mereka ditunjuk untuk berperan sebagai Pemerintah. Pemerintah ini akan memimpin negosiasi atau perundingan dengan ke-6 pihak lainnya mengenai kasus di atas. Mereka juga harus membuat keputusan yang tidak merugikan banyak pihak apakah Dolly akan tetap ditutup atau sebaliknya.

Pihak PSK merasa dirugikan apabila Dolly tutup pada bulan Ramadhan. Natalia, salah satu mahasiswa yang berperan sebagai PSK mengatakan, "Justru di bulan puasa ini mereka harus menguji iman mereka, bukannya menghilangkan penggoda. Apa artinya puasa kalau tidak ada cobaannya. Lagian, kita mau cari makan dimana kalau usaha kita ditutup?"
Dari pihak germo pun turut mendukung pernyataan tersebut. Mereka mengatakan bahwa, bukan Dolly yang menjadi akar masalahnya tetapi hubungan suami-istri yang tidak baik dan iman para lelaki hidung belang yang memang tidak kuat. Menurut para germo, apabila iman para pengguna memang kuat dan hubungan rumah tangganya harmonis, maka Dolly pun akan sepi.

Lain lagi di pihak pemuka agama Islam yang bernaung di bawah bendera Syariat Islam dan NU Mereka tetap bersikeras Dolly harus ditutup pada bulan Ramadhan. Dan mereka mengusulkan pelatihan ketrampilan membuat berbagai kerajinan selama Dolly tutup bagi para PSK. Dan mereka menyanggupi akan membiayai para PSK selama bulan Ramadhan dengan memberikan pekerjaan Halal. Para istri-istri pengguna PSK sangat setuju dan otomatis pro dengan para pemuka agama ini.

Mendengar usulan para pemuka agama tersebut, para PSK tetap tidak mau menyerah. Mereka tetap tidak mau tutup total pada bulan Ramadhan. Mereka mengajukan jam operasianal. Jadi, mereka tidak akan beroperasi full day seperti biasanya tetapi mereka hanya akan buka pada jam buka puasa samapai sahur. Itu pun masih tetap ditentang oleh pemerintah maupun pihak pemuka agama dan para istri.

Pemerintah pun sebenarnya berada dalam dilema untuk membuat keputusan ini. Disatu sisi, Dolly merupakan sumber devisa terbesar nomor 1 bagi negara. Namun, disisi lainnnya dia juga harus menumbuhkan citra yang baik kepada masyarakat. Ditambah lagi dengan ancaman para PSK yang akan bekerja secara ilegal dan bertebaran dimana-mana, merusak wajah kota apabila pemerintah bersikeras menutup Dolly. Kata salah satu dari PSK, "kalo Dolly ditutup. Berarti kami akan tutuup selama-lamanya." mendengar itu, para istri berptepuk tangan gembira. Namun pernyataan itu belum selesai. Ditutup selamanya itu maksudnya, mereka tidak akan menggunaka lokalisasi lagi tetapi akan bekerja dengan cara ilegal dan mengajak tamunya ke hotel-hotel.

Pada akhirnya pemerintah tetap harus memberikan keputusan. Dan mereka memutuskan untuk tetap menutup Dolly. Keputusan ini disambut gembira oleh para pemuka agama dan para istri. Para germo, PSK dan pemakai tidak bisa mengubah lagi keputusan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mudah dan murah ke Jogja dari Surabaya

Pengen liburan tapi harga tiket pesawat dan Kereta Api mahal? Nih, gw ada cara murah berangkat dari Surabaya ke Jogja bagi lo yang duitnya cekak dan belum pernah ke Jogja sama sekali.

22 Desember 2009 gw jalan kaki dari kos menuju jalan besar Ahmad Yani untuk naik bus ke terminal Bungurasih, Surabaya. Sampe di A.Yani, pilih bus apa aja pasti nyampenye kesono. Waktu itu kebetulan gw naik bus yang di depannya ada tulisan BUNGUR. Dengan uang 3000 (seharusnya 2500 rupiah saja, tapi waktu itu kagak ada kembaliannya), gw naik bus itu ke Bungurasih. Kalo kagak tau bungur itu dimana, tanya aja ma keneknya, dia pasti bilang kok kalo udah nyampe.

Ini perjalanan gw yang pertama ke Jogja sendirian dari Surabaya. Pertama kali pula naik bus ke luar kota sendirian di tanah Jawa ini. Untunglah si bapak kenek baik,

“Misi permisi pak, mau numpang mandi. Eh, salah, numpang tanya. Kalau mau ke Jogja saya harus kemana?” tanya gw.

“Loh, kalo mau ke Jogja ya ke Jogja. Kok masih tanya lagi?” Ih, si bapak ni past…

TOP 10 INDONESIAN SEXIEST AND MACHO CELEBRITIES

This is my opinion, but i think we have the same in our mind. Here they are:

1. Donny Alamsyah

Aktor ini mulai berkibar sejak perannya dalam Trilogi Merah Putih sebagai Tomas membius penonton. Karakter yang kuat dari orang Menado Kristiani yang diperankannya oke punya. Dan kabarnya dia observasi ke perkumpulan-perkumpulan orang Menado dan mempraktekkan bahasa Menado demi mendalami perannya ini.
Dari gaya berpakaiannya, dia cowok yang simpel menurut gw. Cuma kaos sama jeans atau celana pendek aja udah bikin dia bersinar. Orang ganteng emang ga perlu banyak berdandan. Dan itu bikin dia semakin keren. Simple is Cool right?

2. Arie Wibowo
Akting memukaunya telah membius banyak orang sejak tahun 90an. Kala itu ia berperan sebagai Jacky dalam Deru dan Debu. Gw salah satu penggemar sinetron itu waktu masih kecil. Gayanya yang cowok abis dan caranya memilih pasangan hidup bikin orang berdecak kagum. Cowok yang bener-bener idaman semua wanita. Fans arie wibowo sendiri tidak hanya dari kalangan awam…

The Duchess

Adooooooh ni film bener-bener bikin makan hati. Bukan karena jelek! Justru karena bagus sekali. Ceritanya bener-bener mempermainkan perasaan saya sebagai seorang perempuan. Thanks God saya hidup di masa kini, thanks buat R.A Kartini yang udah bikin perempuan Indonesia lepas dari belenggu-belenggu ga penting.
Film ini, based on true story. Menceritakan kisah hidup Georgina, The Duchess from Devonshire. Jujur, saya kagum dengan ketabahan hatinya. Kalau saya jadi dia, wah mungkin saya sudah bunuh diri atau membunuh orang lain yang pastinya orang itu adalah suaminya, The Duke of Devonshire. Jahat banget tuh orang, asli! Laki-laki kayak begitu mending buang di Got saja.
Georgina, adalah seorang gadis muda yang enerjik. Orangnya supel banget. Cinta pertamanya si Charles Greg. Mereka saling mencintai tapi yang cewe masih belum nyadar betul akan perasaannya. Pas si Charles Greg mo nyaci (nyatain cinta), Georgina dipanggil mamanya. Ternyata dia dilamar The Duke of Devonshire. Cewek muda ini senan…