Skip to main content

Hubungan Tanpa Masa Kadaluarsa

Salah satu bagian yang menyita sebagian besar hidup manusia adalah saat manusia jatuh cinta. Entah mengapa berbagai hal menyangkut jatuh cinta begitu rumit. Mungkin karena ini masalah perasaan yang cenderung seperti ombak di lautan yang memiliki masa pasang surut. Atau juga karena menurut para peneliti cinta adalah sesuatu perasaan yang disebabkan oleh salah satu bagian di belakang kepala kita (entah apa namanya) yang merangsang munculnya perasaan mencintai dan akan hilang setelah 3 tahun.

Apakah ini berarti cinta memiliki masa kadaluarsa seperti yang dikatakan oleh Dewi Lestari? Apabila cinta memiliki masa kadaluarsa, maka berapa kali kita akan jatuh cinta sepanjang hidup kita? Berapa kali seseorang akan menikah kemudian bercerai dalam hidupnya?

Yang saya pahami disini adalah bagaimana kita membuat suatu komitmen dan berjanji setia dengan komitmen tersebut. Sangat mudah berteori mengenai hal ini. Yang sulit adalah penerapannya. Saya sendiri adalah tipe manusia yang sangat mudah merasa bosan. So,berkomitmen adalah salah satu hal yang sangat sulit saya lakukan. Saat ini, saya masih sangat menikmati persahabatan dengan semua sahabat saya. Daripada sebuah komitmen, yang mungkin suatu hari akan merusak hubungan saya dengan orang yang mejalin komitmen bersama saya, jauh lebih aman bagi saya untuk bermain dalam area persahabatan.

Menurut saya, persahabatan adalah hal yang paling membahagiakan dalam kehidupan ini. Ketika kita merasakan senang, sahabat selalu ada di dekat kita. Pada saat kita butuh seseorang dalam masa sedih, sahabat akan selalu setia di samping kita. Kita bisa memiliki banyak sekali teman lewat berbagai cara, tetapi yang disebut sahabat hanya bisa dilihat seiring berjalannya waktu melalui berbagai proses kehidupan kita. Tidak ada masa kadaluarsa dalam persahabatan. Persahabatan adalah suatu hubungan yang berlangsung untuk selamanya. Persahabatan tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu.

Mengenai persahabatan, manusia cenderung bersahabat dengan sesama jenis. Yang wanita bersahabat dengan wanita dan begitu pula sebaliknya. Tetapi tidak harus selalu demikian. Tidak ada salahnya jika bersahabat dengan lawan jenis. Kebanyakan orang berpikir, apabila terjadi persahabatan antara lawan jenis maka hal tersebut akan berujung dengan hubungan percintaan. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan hal tersebut.
Sejak kecil saya lebih banyak bergaul dengan anak laki-laki ketimbang anak perempuan. Hal ini menyebabkan saya tumbuh menjadi seseorang yang jauh dari sosok wanita cantik.hehehe... Tetapi saya bahagia dengan keadaan diri saya.

Menurut saya, bergaul dengan pria lebih menyenangkan ketimbang bergaul dengan wanita (pendapat pribadi). Menurut saya, sahabat-sahabat saya yang pria lebih jujur dalam mengungkapkan pendapatnya di depan saya. Kalu mereka tidak suka, mereka akan bilang tidak suka begitu pula sebaliknya. Sedangkan wanita, punya kecenderungan takut melukai perasaan temannya sendiri. Karena itu, wanita seringkali berbohong di depan sahabatnya asal sahabatnya senang. Atau dalam kondisi lain, mereka akan bersikap manis di depan tetapi mencemooh dari belakang. Menurut saya itu sangat mengerikan.
Lalu bagaimana agar persahabatan dengan lawan jenis bisa awet tanpa tercemar perasaan yang lebih dari sekedar sahabat?
Saya sendiri tidak tahu jawabannya. Tetapi yang saya pahami dari pengalaman saya adalah ketika kau memutuskan untuk bersahabat dengan seseorang maka mulailah dengan persahabatan yang tulus bukan persahabatan yang ada U di balik B alias udang di balik batu. Apabila suatu saat kau merasakan perasaan yang lebih. Cukup yakinkan saja dirimu bahwa hal itu tidak benar. Perasaan itu muncul hanya karena kalian sering menghabiskan waktu bersama. That’s it! --- ini pendapat pribadi tidak bermaksud mempengaruhi. Kalau ada yang sependapat syukur..kalau gak juga ya gpp..
;p


Comments

  1. It's okay girl.. I do have more male friends that female. But here in Jakarta, I choose to have more female.
    They just look from different angle. Not all the boys could tell what they want to say too..
    And in fact, if love comes, you can't escape even if love choose one of your bestfriend.. Hohoho..=P
    Anyway, thanks for being my friend Van!!

    ReplyDelete
  2. Kalau bisa...jangan sampe dah...
    persahabatan lebih penting daripada hubungan yg lebih dari itu menurutku...

    Soalnya pasangan gampang dicari..tetapi sahabat itu susah nyarinya...

    hahahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TIPS dan suka duka LDR

gambar: google.com Hai! Saat ini saya sangat ingin berbagi suka duka LDRan sama pacar. Apakah pengalaman saya sama denganmu? Suka duka hubungan LDR itu macam-macam dah. Berikut hal hal yang saya alami secara pribadi : Akan ada satu masa dimana kangen itu sudah menumpuk, bahkan telepon, SMS, video call tidak mempan lagi. Saat bertemu, malam terakhir pasti enggan pulang karena bakal berpisah cukup lama. Rasanya, ingin waktu berhenti pada saat itu saja. Senang sekali mendengar kabar kedatangan bahkan baru rencana berkunjung kekasih.  Bertukar buku yang dititipkan pada orang yang pergi ke kota kekasih itu kind of cute for me. Setiap hari menanti telepon sang kekasih hati. Kalau chat lama dibalas atau tak kunjung telepon, rasanya uda gelisah banget. To know that he is healthy, eating right, and having a good day makes me happy. Masih banyak lagi sih yang lainnya, tapi belum teringat! Hahaha.... Buat saya, ada beberapa hal yang penting untuk menjaga

Berani Menembus Badai

Ini dia buku yang sudah selesai saya baca. Buku ini mengajarkan mengenai pengorbanan dan pengampunan Seru loh! Penulisannya juga bagus, sangat deskriptif. Saya jadi merasa masuk ke dalam buku dan mengikuti setiap kejadian di dalamnya secara nyata. menceritakan kisah seorang anak nakal yang dihukum oleh kenakalannya sendiri. Mengajarkan ia untuk berubah dan juga mengajarkan orang yang disakitinya untuk memaafkan. keren banget! Buku ini saya dapatkan secara GRATIS dari kotak barang buangan teman saya. dia memberikan saya buku ini karena menurutnya buku ini jelek. Tentu saja saya tidak mudah percaya anggapan orang tentang suatu buku. Saya mencoba membacanya sendiri, untuk mengetahui kebenarannya. Dan ternyata buku ini sangat bagus. Penulisannya sangat deskriptif. Tipe penulis yang mampu membawa pembacanya masuk ke dalam cerita dan mampu menyentuh hati pembacanya. Serius! penulis ini sangat hebat menurut saya. Jarang ditemukan seorang penulis yang mampu membuat suatu cerita tampak ny

JESUS the SUPERSTAR, Vannes Wu hanya figuran

photo by:Pamela Wijaya Begitu memasuki lokasi Bandara Juanda Lama, tempat diselenggarakannya KKR Army of God, hadirat Tuhan terasa begitu kuat. Mata ini seperti ingin menangis melihat begitu banyak orang datang dan akan menyaksikan kebesaran Tuhan yang ditunjukkan dengan terselenggarakannya acara tingkat Asia ini. Entah yang datang benar-benar untuk mencari Tuhan atau hanya ingin melihat aksi Vaness Wu selebriti anggota F4 yang dulu tenar dengan Dorama "Meteor Garden". Yang pasti, KKR ini bisa terselenggara semuanya berkat Tuhan yang begitu menyayangi umatnya di Surabaya. Bayangkan saja, tidak sedikit dana yang diperlukan untuk menggelar acara sebesar ini. Mengundang selebriti terkenal dan menyewa Bandara yang notabene merupakan milik pemerintah, bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dalam salah satu khotbahnya di Gereja Mawar Sharon Satelit City of Faith, Pastor Philip Mantofa sempat mengatakan bahwa waktu mereka melakukan publikasi acara tersebut akan diadakan di Bandara J