Skip to main content

Kunjungan Rombongan Studi Ekskursi Nasional 2007 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya


KUNJUNGAN I (Senin, 12 November 2007)
Setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan dari Surabaya ke ibu kota Jakarta yang lamanya kurang lebih 22 jam, rombongan Studi Ekskursi Nasional 2007 (SE Nas 07) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra para peserta diajak untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di daerah mangga dua. Pada pukul 16.39 WIB, para peserta telah siap untuk berangkat mengunjungi salah satu stasiun televisi swasta yang bisa dikatakan masih dalam fase balita, Trans7. Walaupun demikian, stasiun televisi ini cukup menanyangkan acara yang sukses di mata pemirsa yakni Empat Mata yang dibawakan oleh seorang pelawak, Tukul Arwana, dengan bintang tamu pada saat itu adalah Five Vi, Arie Untung, dan Moamar Emka. Tema acaranya adalah “Pergaulan Bebas”. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat proses produksi acara televisi. Setelah mengikuti jalannya syuting mulai dari awal hingga akhir, ada beberapa hal yang dapat ditangkap oleh peserta SE Nas 07. Televisi memiliki suatu keunikan dimana apa yang dilihat atau segala yang dideskripsikan melalui media televisi (dalam bentuk gambar maupun video) bisa menjadi sangat berbeda dengan kenyataannya. Pada saat memasuki studio syuting acara tersebut, saya cukup kaget dengan luas ruangan yang sangat berbeda dengan yang saya bayangkan selama menonton acara tersebut di televisi. Ruangan tersebut ukurannya tidak seluas seperti yang kita lihat di televisi. Dan selama acara berlangsung, suasana humor seperti yang selalu kita rasakan ketika menonton acara tersebut di televisi sama sekali tidak terasa. Namun, demi kesuksesan acara tersebut para peserta tetap berusaha untuk mendukung acara tersebut dengan merespon setiap gerakan maupun kata – kata yang diucapkan oleh pembawa acara. Selain itu, Stage/Floor Director terus mendorong penonton untuk lebih semangat dan menghidupkan suasana. Para penonton diberi kebebasan untuk merespon apapun yang Tukul lakukan atau pun katakan.
Setelah acara berakhir, peserta mulai berburu foto bersama para bintang tamu maupun pendukung acara tersebut. Mereka juga sempat berfoto di depan gedung Trans 7. (ASK)




KUNJUNGAN II (Selasa, 13 November 2007)



Pada saat itu, rombongan SE Nas 07 UK Petra mengunjungi Mirage Post Production. Perusahaan ini, merupakan perusahaan yang memproduksi iklan – iklan yang ditayangkan di televisi. Beberapa iklan yang telah ditayangkan di televisi antara lain, Boneeto, Oops Crackers, salah satu produk TV Plasma Sony, dll. Ketika sampai di perusahaan tersebut, rombongan SE Nas 07 tersebut diantar ke ruangan meeting perusahaan tersebut untuk menyimak presentasi oleh direkturnya. Sayangnya, setelah cukup lama menunggu beliau tidak kunjung datang. Menurut informasi, beliau terjebak kemacetan. Oleh karena itu, rombongan akhirnya diantar oleh seorang staf perusahaan tersebut untuk berkeliling melihat ruang – ruang kerja yang ada di perusahaan tersebut. Ada 4 ruangan yang dikunjungi peserta :
1. Ruang meeting
2. Ruang editing/off line,ada banyak. Di ruangan ini semua proyek iklan diedit.
3. Ruang Sound : ruangan dimana semua sound yang akan dimasukkan di sebuah iklan dibuat dan diproses.
4. Ruang 3D/online : tempat segala macam efek, kartun, animasi, dan penyempurnaan warna dikerjakan.
Setelah selesai melihat – lihat para peserta SE Nas 07 segera meninggalkan perusahaan tersebut karena harus melanjutkan ke Kunjungan berikutnya. Sungguh sangat disayangkan, mereka tidak dapat bertemu langusung dengan direktur Mirage Post Production sesuai dengan rencana awal. Namun, kunjungan tersebut cukup menambah pengetahuan dan pengalaman mereka. (ASK)

Comments

Popular posts from this blog

TOP 10 INDONESIAN SEXIEST AND MACHO CELEBRITIES

This is my opinion, but i think we have the same in our mind. Here they are:

1. Donny Alamsyah

Aktor ini mulai berkibar sejak perannya dalam Trilogi Merah Putih sebagai Tomas membius penonton. Karakter yang kuat dari orang Menado Kristiani yang diperankannya oke punya. Dan kabarnya dia observasi ke perkumpulan-perkumpulan orang Menado dan mempraktekkan bahasa Menado demi mendalami perannya ini.
Dari gaya berpakaiannya, dia cowok yang simpel menurut gw. Cuma kaos sama jeans atau celana pendek aja udah bikin dia bersinar. Orang ganteng emang ga perlu banyak berdandan. Dan itu bikin dia semakin keren. Simple is Cool right?

2. Arie Wibowo
Akting memukaunya telah membius banyak orang sejak tahun 90an. Kala itu ia berperan sebagai Jacky dalam Deru dan Debu. Gw salah satu penggemar sinetron itu waktu masih kecil. Gayanya yang cowok abis dan caranya memilih pasangan hidup bikin orang berdecak kagum. Cowok yang bener-bener idaman semua wanita. Fans arie wibowo sendiri tidak hanya dari kalangan awam…

Cara mudah dan murah ke Jogja dari Surabaya

Pengen liburan tapi harga tiket pesawat dan Kereta Api mahal? Nih, gw ada cara murah berangkat dari Surabaya ke Jogja bagi lo yang duitnya cekak dan belum pernah ke Jogja sama sekali.

22 Desember 2009 gw jalan kaki dari kos menuju jalan besar Ahmad Yani untuk naik bus ke terminal Bungurasih, Surabaya. Sampe di A.Yani, pilih bus apa aja pasti nyampenye kesono. Waktu itu kebetulan gw naik bus yang di depannya ada tulisan BUNGUR. Dengan uang 3000 (seharusnya 2500 rupiah saja, tapi waktu itu kagak ada kembaliannya), gw naik bus itu ke Bungurasih. Kalo kagak tau bungur itu dimana, tanya aja ma keneknya, dia pasti bilang kok kalo udah nyampe.

Ini perjalanan gw yang pertama ke Jogja sendirian dari Surabaya. Pertama kali pula naik bus ke luar kota sendirian di tanah Jawa ini. Untunglah si bapak kenek baik,

“Misi permisi pak, mau numpang mandi. Eh, salah, numpang tanya. Kalau mau ke Jogja saya harus kemana?” tanya gw.

“Loh, kalo mau ke Jogja ya ke Jogja. Kok masih tanya lagi?” Ih, si bapak ni past…

Cara merebut hati cowok anak band

Penelitian asal-asalan oleh gw saat lagi ga ada kerjaan.
Cara merebut hati cowok anak band:

1. Vokalis
Karena posisinya yang paling depan di setiap penampilan band, otomatis jadi sorotan utama. Biasanya juga yang jadi vokalis tu kece-kece. Paling gak lebih kece dari personil lain kalo isinya orang-orang gak kece. Biasanya cowok yang jadi vokalis ni hobinya tebar pesona sana-sini, diobralin gitu, ngerasa ganteng. Kalo mau dia kasi perhatiannya ke kamu, bikin dia penasaran. Jangan kasih kesempatan dia tebar pesona di depan kamu. Bikin dia ngerasa kalo kamu ga terpengaruh ma tampang dia. Mo dia loncat-loncat, pura-pura tenggelam, ditilang, dicopet, dirampok, digebukin. Cuekin aja. Dijamin 100% dia bakal BT ma kamu. Hihihihi….

2. Lead Gitar
Ini dia posisi yang tugasnya memberikan warna pada musik sebuah band (kata temen gw kevin). Cowok yang ada di posisi ini biasanya dikagumi cewek-cewek. Untuk merebut dia dari tangan cewek- cewek penggemarnya mudah saja. Lo putusin aja senar gitarnya. …