Skip to main content

PAKEM

Hari ini, Ella libur. Ia tidak memiliki rencana apapun untuk mengisi liburannya yang hanya sehari itu. Libur awal puasa. Entah siapa yang mencetuskan liburan ini di kotanya. Ia hanya merasa senang bisa tinggal di rumah tanpa harus pergi bekerja.


Si Ibu tiri yang seharusnya juga libur pada hari ini, bangun lebih pagi. Ella, begitu bangun pagi, bergegas mengenakan jaket, berganti celana, dan berjalan kaki untuk pergi ke ATM terdekat dan tukang sayur. Ia hendak menunaikan kewajiban untuk membayar kredit motor dan menyetor tabungan bulanannya ke suatu bank lokal yang ia ketahui dari sahabatnya, Gizel.

Usai urusan di ATM, ia berjalan ke tukang sayur. Membeli sayur untuk makanan di rumah. Seperti yang pernah diceritakan sebelumnya, si Tante enggan mengeluarkan uang untuk kebutuhan rumah tangga.

Kemarin pun Ella baru menyadari bahwa detergen di rumah habis, begitu juga odol dan sabun cuci piring. Kosong melompong. Tidak ada kemurahan. Ia hanya bisa menaiki sepeda motornya, dan pergi ke kota untuk membeli segala keperluan itu. Padahal yang paling sering, bahkan hampir setiap hari mencuci pakaian dengan menggunakan banyak detergen alias paling boros adalah si Tante. What word can fit her attitute than ASSHOLE!?

Well, usai membeli kebutuhan dapur, Ella telah berencana untuk memasak, mencuci, melipat pakaian di hari libur ini.
Setibanya di rumah, si Tante telah berpakaian dinas lengkap. Tentu saja menjadi sebuah tanda tanya, mengapa? Semua orang sedang libur. Tapi Ella merasa tidak perlu bertanya. Apapun itu, itu bukan urusannya.
Ia hanya bergegas menuju kulkas dan memasukkan sayuran yang baru dibelinya agar tahan lama dan menuju ke bagian belakang rumah tempat menjemur pakaian. Mengambil yang sudah kering, membawanya ke kamar untuk dilipat dengan rapi, sambil menonton Kung Fu Panda 3. Rencana yang sempurna!

Berpapasan di lorong rumah dengan si Tante.
"Saya mau ke sekolah, kami ada akreditasi. Anak-anak saja yang libur, guru tidak," yess, she is a teacher. Bad teacher!
Ella berlalu tanpa peduli dan melanjutkan hari liburannya yang indah. She doesn't care and don't give a damn about it. She's tired of all the bullshit.
Selesai melipat pakaian, mengatur ulang isi lemari, mengeluarkan pakaian yang tidak lagi dipakai, mencuci piring, menanak nasi, Ella ingin memasak. Ia berbaik hati ingin memasak agar si Tante bisa makan sepulang dari dinasnya.
Masuk ke dapur, ia tidak menemukan dimana bawang disimpan. Mengecek kompor, tidak ada minyak tanah disana. Kering kerontang!
Keputusannya adalah, enough! She won't support anything, anymore.
Memang sang Bapak sedang bepergian ke luar kota. Seharusnya Ella tidak lupa tabiat si Tante yang sudah pakem.
Saat Bapak tidak ada, ada sekalipun, ia tidak akan mengeluarkan sepeserpun.

Beberapa waktu kemudian, sudah sangat siang, si Tante pulang. Ella sementara menonton serial kesukaan dan dilanjutkan dengan membaca buku sampai ketiduran. Dalam pikirannya, si Tante akan memasak untuk ia makan sendiri paling tidak.
Bangun dari tidur, ternyata tudung saji masih kosong melompong. Ia bahkan tidak memasak untuk dirinya sendiri!
OH IYA! Harusnya Ella tidak boleh lupa pakem lain dari si Tante. Setiap Bapak ke luar kota, tidak akan pernah ada makanan dalam tudung hijau itu.

SEKIAN.

Comments

Popular posts from this blog

7 Band Papan Atas Indonesia

Kita semua tahu kalau akhir-akhir ini blantika musik Indonesia lagi kacau balau dari segi musikalitas. Banyak band baru yang muncul dengan aliran yang mirip-mirip dan norak. Agak kemelayu-melayuan dan cengeng abis. Ditambah lagi suara pas-pasan, lirik yang terlalu easy dan terlalu biasa, ditambah lagi musik standar. I’m tire of this. Jujur gw ESMOSI bo! Band sekarang udah kayak kacang goreng, padahal dulu yang bisa jadi band tu bener-bener yang punya kualitas. Mau tahu deretan Band Indonesia yang keren dan ga norak plus punya album yang isinya lagu-lagu oke? Ini dia list a la Vany dan gw yakin lo bakal setuju ma gw : 1. Gigi Ini salah satu dedengkotnya band Indonesia. Sejak gw SD sampe udah kuliah sekarang, ni Band masih eksis dan terus peka terhadap perubahan namun tetap menjaga kualitas dan karakternya. Banyak hits sudah diluncurkan dan menjadi favorit pecinta musik Indonesia. Siapa yang tak kenal Armand Maulana dan Dewa Budjana? 2. The Dance Company Ini dia band yang baru muncul di

JESUS the SUPERSTAR, Vannes Wu hanya figuran

photo by:Pamela Wijaya Begitu memasuki lokasi Bandara Juanda Lama, tempat diselenggarakannya KKR Army of God, hadirat Tuhan terasa begitu kuat. Mata ini seperti ingin menangis melihat begitu banyak orang datang dan akan menyaksikan kebesaran Tuhan yang ditunjukkan dengan terselenggarakannya acara tingkat Asia ini. Entah yang datang benar-benar untuk mencari Tuhan atau hanya ingin melihat aksi Vaness Wu selebriti anggota F4 yang dulu tenar dengan Dorama "Meteor Garden". Yang pasti, KKR ini bisa terselenggara semuanya berkat Tuhan yang begitu menyayangi umatnya di Surabaya. Bayangkan saja, tidak sedikit dana yang diperlukan untuk menggelar acara sebesar ini. Mengundang selebriti terkenal dan menyewa Bandara yang notabene merupakan milik pemerintah, bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dalam salah satu khotbahnya di Gereja Mawar Sharon Satelit City of Faith, Pastor Philip Mantofa sempat mengatakan bahwa waktu mereka melakukan publikasi acara tersebut akan diadakan di Bandara J

TIPS dan suka duka LDR

gambar: google.com Hai! Saat ini saya sangat ingin berbagi suka duka LDRan sama pacar. Apakah pengalaman saya sama denganmu? Suka duka hubungan LDR itu macam-macam dah. Berikut hal hal yang saya alami secara pribadi : Akan ada satu masa dimana kangen itu sudah menumpuk, bahkan telepon, SMS, video call tidak mempan lagi. Saat bertemu, malam terakhir pasti enggan pulang karena bakal berpisah cukup lama. Rasanya, ingin waktu berhenti pada saat itu saja. Senang sekali mendengar kabar kedatangan bahkan baru rencana berkunjung kekasih.  Bertukar buku yang dititipkan pada orang yang pergi ke kota kekasih itu kind of cute for me. Setiap hari menanti telepon sang kekasih hati. Kalau chat lama dibalas atau tak kunjung telepon, rasanya uda gelisah banget. To know that he is healthy, eating right, and having a good day makes me happy. Masih banyak lagi sih yang lainnya, tapi belum teringat! Hahaha.... Buat saya, ada beberapa hal yang penting untuk menjaga