21 October 2012

Five people you meet in heaven


 picture: google

This is a story about a man name Eddie...

“Your name is Eddie Maintenance?” setiap anak yang dijumpainya di Ruby Peer Amusing Park selalu mengira bahwa apa yang tertulis di seragam seorang mekanik pria tua itu adalah nama lengkapnya. Dan setiap kali hal itu terjadi, Eddie harus menjelaskan, “Eddie is my name. Maintenance is my job”

Edward, atau Eddie, meninggal dalam sebuah kecelakaan di taman bermain tempat ia bekerja. Ia meninggal karena hendak menolong seorang anak kecil yang akan tertimpa sebuah wahana bermain yang jatuh dari ketinggian. 

Eddie menuju surga. Di surga, Eddie bertemu 5 orang yang dari setiap orang itu, ia ‘dibersihkan kembali’ dan diajarkan tentang hal yang mendasar dalam hidup.

Orang #1
Eddie bertemu dengan seorang pria berkulit biru. Pria itu adalah seorang pekerja di Ruby Peer yang Eddie kenal semasa kecilnya. Singkat cerita, dari pria biru ini Eddie belajar bahwa:

“Terkadang ia berbuat salah tanpa menyadarinya”
Yang bisa diartikan :
“Kita sebagai manusia seringkali tidak sadar bahwa setiap hari kita melakukan kesalahan yang mungkin mengakibatkan penderitaan atau kesusahan bagi orang lain. Hal itu terjadi karena kita terlalu fokus pada diri kita sendiri atau penerimaan orang lain.”

Orang #2
Eddie bertemu dengan mantan kaptennya ketika ia menjadi tentara pada perang di Filipina melawan Jepang. Singkat cerita, dari sang kapten Eddie belajar tentang Pengorbanan, yang dapat diartikan :
“Kita tidak perlu menyesali setiap pengorbanan yang kita berikan kepada orang lain. Meskipun, kita mendapatkan kesusahan atau penderitaan karena berkorban. Sebab pengorbanan itu tidak berarti membuang kebahagiaan, tetapi hanya memindahtangankan kebahagiaan itu kepada orang lain.”


Orang #3
Eddie bertemu dengan Ruby Peer. Dari wanita yang menjadi inspirasi terbentuknya taman bermain tersebut, Eddie belajar untuk Memaafkan orang lain. Selama hidupnya, Eddie selalu merasa tertekan oleh apa yang dilakukan ayahnya kepadanya dan adiknya. 
“Memaafkan merupakan hal yang sulit dilakukan, apalagi jika kita punya kepahitan terhadap seseorang. Tetapi memaafkan akan terasa lebih meringankan hati, ketimbang menyimpan kepahitan.”

Orang #4
Eddie bertemu sang istri tercinta. Semasa hidupnya, satu-satunya wanita yang dicintainya hanyalah Margarita. Namun sayangnya mereka tidak dapat memiliki pesta pernihakan yang mewah seperti pasangan lainnya dan juga tidak kunjung mendapatkan seorang anak. Istri Eddie meninggal karena sakit. Dan Eddie merasa semakin kesepian serta kehilangan cinta. Dari istrinya, Eddie belajar bahwa:

manusia dapat mati, tetapi cinta tidak.

Orang #5
Eddie bertemu seorang anak kecil yang tanpa sengaja dibunuhnya pada waktu perang. Dari anak ini, Eddie belajar:
Memaafkan dirinya sendiri.

Dan pada akhirnya setelah bertemu dengan kelima orang tersebut, Eddie pun pergi menuju surganya. Kisah lengkap silahkan nonton sendiri :p

FIRST LOVE (A LITTLE THING CALLED LOVE)

picture: google 
 
Film ini akan mengingatkan kita akan masa remaja kita. Dimana ketika kita menyukai seseorang, bahkan hal kecil seperti kancing baju, nomer telepon, hingga buku kiat menarik perhatian si dia menjadi benda-benda yang membuat kita merasa semakin dekat dengannya. First Love (A little thing called love) adalah film produksi negara Thailand yang dapat membuat kita merasakan masa remaja itu kembali. Film yang dikemas dengan menggabungkan segala unsur perasaan manusia ini sukses menarik hati saya. Saya yakin hal ini juga akan terjadi kepada siapa pun yang menontonnya. Komedinya membuat terpingkal-pingkal, semangatnya membuat kita terharu, dan romantisnya membuat kita terbuai namun tidak dikemas berlebihan. Terasa alami dan sangat menyentuh. Sulit untuk diungkapkan dengan tulisan. Benar-benar harus ditonton sendiri. Saya beri bintang 10 kalau boleh. Berikut saya ceritakan sedikit kisahnya:

Seorang gadis remaja bernama Nam, anak dari pemilik restoran turis adalah gadis biasa yang tidak menarik. Hitam, behelan, berkacamata dan rambut pendek yang kaku. Dia berteman dengan 3 orang sahabatnya yang digolongkan siswa tidak populer dan tidak cantik, yang selalu dihina oleh kaum cantik dan merasa populer di sekolahnya. Nam jatuh cinta kepada Shone, seniornya di sekolah. Shone adalah anak yang sangat usil dan tampan. Untuk menarik perhatian Shone, Nam mengikuti saran dari sebuah buku “9 kiat menggaet hati senior” dibantu oleh sahabat-sahabatnya. Banyak hal yang terjadi, make over gagal hingga pemberian hadiah yang gagal untuk Shone.

Sebenarnya ingin sekali saya menceritakan detail dari film ini. Tapi akan mengurangi menariknya film ini apabila telah tahu duluan ceritanya. Bagaimana hasil dari usaha Nam? Sukseskah dia membuat Shone menyukainya? Mendingan nonton sendiri deh J

Sedikit keterkaitan film ini dengan kehidupan pribadiku
Pernah aku menyukai seseorang selama Nam menyukai Shone. Aku, yang buruk rupa berusaha merubah diriku menjadi lebih baik. Baik itu penampilan maupun prestasi, demi seseorang yang kusukai itu. Tapi dia tidak pernah tahu kalau aku sangat menyukai dan mengaguminya. Aku pun tak pernah merasa pantas menyukainya. Walau kami dekat, tapi dia terasa jauh dari jangkauanku. Perbedaanku dan Nam adalah, aku tak berani dan tak punya cukup nyali untuk menunggu hingga dia tau. Aku memilih mengubur perasaan itu dan melupakannya. Meski terkadang masih teringat.
Kisahku dan Nam memiliki akhir yang beda. Tetapi perjuangan dalam pencarian cinta kami sama. Kami, itik buruk rupa yang berusaha menjadi angsa. Setiap wanita itu cantik. Dia hanya butuh motivasi atau seseorang yang mampu membuatnya ingin tampil cantik.